FAQ

FAQS

Tentang Panel GRC/GFRC

Panel GRC “Glassfiber Reinforced Cement” merupakan salah satu pengembangan dari beton yang mudah di bentuk sesuai kebutuhan untuk sebuan bangunan dan mempunyai beban lebih ringan.

Perpaduan komposisi material mentah antara pasir, semen Portland dengan alkalide serat kaca(serat fiber) yang dituangkan dalam matras/ cetakan sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Fungsi panel GRC

Panel GRC difungsikan sebagai Fasade/ tampilan sebuah bangunan dengan beragam fungsi pada exterior dengan media sesuai yang diinginkan (custom product) sebagai fungsi cladding, lisplank, cover kolom, balok dll

Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk diaplikasikan pada finishing area interior.

Proses produksi panel GRC

Produksi panel GRC dengan system memadukan material agregat pasir (pasir yang besas akan kadar lumpur, bersih dan berkualitas bagus) semen dan serat fiber yang sudah di sesuaikan ukurannya untuk memenuhi fungsi sebagai pengganti tulangan.

Terdapat aksessories besi tertanam pada panel, angkur dan pendukung lainnya untuk teknik pemasangan dilapangan nantinya.

Perbedaan panel GRC dan Pricast

Perpaduan material untuk panel GRC adalah 1:1, dibanding perpaduan material beton precast sangan lebih banyak dari sisi campuran dan item materialnya, disamping itu dari sisi ketebalan (dikarenakan fungsinya juga berbeda) dan panel GRC sangat mudah diaplikasikan dengan bentukan yang disesuaikan.

Komposisi beban antara panel GRC dan Pricast

Perpaduan komposisi material mentah yang sangat jauh berbeda antara kedua produk tersebut, perbedaan beban/berat  panel GRC untuk 1 m2 nya adalah 20 s/d 25 kg, sedangkan untuk berat beton precast dalam 1 m2 nya bias 5 kali lipat dari berat panel GRC.

Namun dilihat dari fungsi yang akan diaplikasikan pada sebuah bidang dengan memutuskan menggunakan material panel GRC atau Beton precat tersebut.

Keuntungan menggunakan panel GRC

Keuntungannya adalah mengurangi beban pada struktur bangunan dan menghemat biaya pada pekerjaan lain diantaranya adalah pondasi,kolom dan dan balok bangunan tersebut.

Dengan fungsi ReCladding pada sebuah bangunan yang mempermudah dalam hal pekerjaan finishing, lebih beragam, rapid an mempercepat schedule pada proyek tersebut.