Blog Post

ORNAMEN PANEL GRC KRAWANGAN MASJID ULUL AZMI SURABAYA

ORNAMEN PANEL GRC KRAWANGAN MASJID ULUL AZMI SURABAYA

Keterangan Teknis :
Proyek : Masjid Ulul Azmi
Lokasi : Kampus C, Univ. Airlangga – Surabaya
Pemberi tugas : PT. Bangun Artha
Penyedia jasa Panel GRC : GRC Graha Djati

Panel GRC Krawangan atau yang disebut pada umumnya adalah “Ornamen” yang dapat diaplikasikan pada semua bidang di sebuah bangunan baik peruntukannya dalam area interior maupun exterior dapat memberikan cirikhas dan sebuah identitas tersendiri pada sebuah bangunan tersebut.

Pekerjaan Krawangan yang kami ulas dalam artike kali ini adalah suatu pekerjaan yang di percayakan pada kami untuk fasade masjid Kampus C – Universitas Airlangga di Jl. Dharmahusada Permai – Surabaya.

Motif dan Ornamen yang akan diaplikasikan pada komponen fasade masjid Ulul Azmi ini  menyesuaikan dengan permintaan Owner serta penyesuaian dengan desain yang sudah ada dari konsultan perencana, pada tahap awal kami “GRAHA DJATI” membuat pengajuan Shop Drawing (dikarenakan ada beberapa perubahan terkait model ornament) untuk penyesuaian aplikasi GRC Krawangan terhadap site atau lokasi real di proyek.

Produk Panel GRC kami  menyesuaikan dengan kebutuhan owner (Custom Bentuk, dimensi/modul , Ornamen Dll) dan akan kami aplikasikan pada panel GRC. Pada gambar dokumentasi terdapat 2 (dua) panel dengan ukuran yang berbeda dimensinya, hal tersebut dikarenakan beda fungsi pada area pemasangannya tetapi seirama dalam bentukan motifnya.

Beberapa dokumentasi eksisting bangunan Masjid Ulul Azmi ini kami sajikan sebagai acuan pekerjaan fasade yang kami laksanakan diantara fasade dan menara masjid,

Mayoritas pada bangunan masjid menggunakan ornament, kaligrafi, kubah dan beberapa komponen seperti architrave, dll, identik dengan gaya Arsitektur masjid yang terdapat pada negara yang berada di timur tengah, aplikasi yang di konsep oleh perencana berdasarkan kebutuhannya untuk menampilkan extetika yang dinamis pada sebuah bangunan.

Pada Masjid Ulul Azmi – Kampus C Universitas Airlangga ini terdapat keunikan pada desain diantaranya tanpa menggunakan kubah, atap masjid ini menggunakan plat beton sebagai finishing atap sehingga terkesan futuristic dengan balutan ornament yang mengelilingi bagian fasade masjid.

Beberapa dokumentasi pekerjaan kami pada masa konstruksi pemasangan ornament di masjid yang akan kami ulas dari pemasangan tahap awal hingga pemasangan keseluruhan fasadenya di dokumentasi sebagai berikut.

Terlihat pada dokumentasi pekerjaan kami, Panel GRC Krawangan ini terpasang pada fasad masjid yang melingkar dengan lokasi berdiameter kurang lebih 30 meter dengan ketinggian antara rong 3 meter tanpa penyangga dibagian dalam maupun luar panel GRC.

Panel Ornamen / Krawangan sangat khas (Gaya Arsitektur Masjid) untuk fasad bangunan tempat ibadah (Masjid), bahkan untuk bangunan lainpun tidak menutup kemungkinan menggunakan krawangan GRC dengan motif lain yang anda inginkan.

Dalam tahapan akhir pekerjaan panel GRC ini adalah finishing join antar panel, sehingga sambungan tiap modul panel lebih efektif kerapiannya pada tiap sambungan antar panel.

Sebelum tahapan pekerjaan finishing terakhir (Pengecatan) pada panel GRC, sebaiknya menggunakan cat chealer(sebagai cat dasar pada panel) agar merata dan maximal terlapis dari keseluruhan panel GRC tersebut.

Dan tentunya untuk pekerjaan finishing akhir untuk pengecatan terdapat spesifikasi cat peruntukannya interior ataupun exterior.

Untuk teknis tentang panel GRC (Cladding, Ornament/Krawangan, Kubah, Dll) anda dapat menghubungi kami di kontak yang sudah tersedia.

Dengan selesainya pembangunan Masjid Ulul Azmi ini, kami sangat berterima kasih kepada pimpinan PT Bangun Artha (khususnya kepada Bp. Suyono selaku Project Manager beserta seluruh staf) yang telah berkenan memberi kepercayaan penuh pada kami dalam proses pembangunan Masjid Ulul Azmi – Kampus C univ. Airlangga. Keberadaan kami sebagai produsen GRC semakin berarti dengan kepercayaan dan kerja sama seperti ini. Semoga ulasan kami dalam proyek ini bisa memberikan gambaran dan inspirasi. Terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *